Senin, 05 Januari 2015

Lingkungan Hidup

Hallo! :D Kali ini gue mau nge-post artikel tentang lingkungan hidup gaiss :*. Seperti yang kita tau lingkungan hidup ada disekitar kita. Disini ada pengertian tentang lingkungan hidup, masalah lingkungan hidup yang ada di Indonesia, dan cara merawat lingkungan hidup agar tetap bersih dan sehat. Mending langsung cuss yuk..


Lingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan yang mempunyai istilah yaitu yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan. Sedangkan Pengertian lingkungan hidup sendiri adalah semua benda, daya dan kondisi yang terdapat dalam suatu tempat atau ruang tempat manusia atau makhluk hidup berada dan dapat mempengaruhi hidupnya. Istilah lingkungan hidup, dalam bahasa Inggris disebut dengan Environment, dalam bahasa Belanda disebut dengan Millieu atau dalam bahasa Perancis disebut dengan l’environment. Dalam kamus lingkungan hidup yang disusun Michael Allaby, lingkungan hidup itu diartikan sebagai: The Physical, Chemical and Biotic Condition Surrounding and Organism. Dan Lawan dari lingkungan hidup adalah lingkungan buatan, yang mencakup wilayah dan komponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia.

Menurut Undang Undang No. 23 Tahun 1997, Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Sedangkan ruang lingkup lingkungan hidup Indonesia meliputi ruang, tempat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berwawasan Nusantara dalam melaksanakan kedaulatan, hak berdaulat, dan yurisdiksinya.

Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.

Merujuk pada definisi di atas, maka lingkungan hidup Indonesia tidak lain merupakan Wawasan Nusantara, yang menempati posisi silang antara dua benua dan dua samudera dengan iklim tropis dan cuaca serta musim yang memberikan kondisi alamiah dan kedudukan dengan peranan strategis yang tinggi nilainya, tempat bangsa Indonesia menyelenggarakan kehidupan bernegara dalam segala aspeknya.
Secara hukum maka wawasan dalam menyelenggarakan penegakan hukum pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia adalah Wawasan Nusantara.

Masalah lingkungan hidup di Indonesia

Masalah Lingkungan hidup di Indonesia saat ini:   Penebangan hutan secara liar/pembalakan hutan
2.      Polusi air dari limbah industri dan pertambangan
3.      Polusi udara di daerah perkotaan salah satunya adalah Jakarta (merupakan kota dengan udara paling kotor ke 3 di dunia)
4.      Asap dan kabut dari kebakaran hutan
5.      Kebakaran hutan permanen/tidak dapat dipadamkan
6.      Perambahan suaka alam/suaka margasatwa
7.      Perburuan liar, perdagangan dan pembasmian hewan liar yang dilindungi
8.      Penghancuran terumbu karang
9.      Pembuangan sampah B3/radioaktif dari negara maju
10.  Pembuangan sampah tanpa pemisahan/pengolahan
11.  Semburan lumpur liar di Sidoarjo, Jawa Timur; hujan asam yang merupakan akibat dari polusi udara.
 
Bahaya alam yang ada di dunia: banjir, kemarau panjang, tsunami, gempa bumi, gunung berapi, kebakaran hutan, gunung lumpur, tanah longsor,limbah industri, limbah pariwisata, limbah rumah sakit.

Limbah Rumah Sakit Merupakan hasil dari pemakaian peralatan kesehatan padat dan cair, bahan kimia dan bagian dari tubuh manusia yang tidak dapat digunakan lagi. Unit penghasil limbah di rumahsakit adalah semua unit yang menghasilkan limbah seperti loundri, dapur, unit kamar operasi, laboratorium, unit radiologi, apotek/farmasi, perkantoran, kantin dan lain sebagainya. Pengolahan limbah padat dan cair dapat dilakukan dengan cara kimiawi dan cara tradisional, tetapi dalam standarisasinya incenarator. Lalu bagaimana caranya kita dapat menjaga lingkungan hidup agar tetap bersih dan sehat?

Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat merupakan tugas setiap individu yang tinggal di sekitar lingkungan tersebut. Namun sayangnya, banyak orang yang belum sadar untuk menjaga lingkungan sekitar. Yang mereka lakukan kebanyakan adalah tinggal dan merusak lingkungan. Sebagai warga negara yang baik, seharusnya kita dapat menjaga lingkungan agar tetap sehat dan juga aman.

Adapun cara menjaga lingkungan ini adalah:

1. Tanah merupakan salah satu dari lingkungan yang harus dijaga karena peranan tanah sangatlah banyak. Untuk menjaga kelestarian tanah Anda harus mengolah tanah dengan baik. Untuk mengolah tanah dengan baik Anda harus melakukannya sesuai dengan kondisi tanah di daerah Anda. Pengolahan tanah juga harus dilakukan sesuai dengan kemampuan tanah. Lakukan pembuatan irigasi ataupun dranaise agar tidak ada air yang tergenang.

2. Selain mengolah tanah dengan baik, Anda juga harus mengolah limbah dengan baik pula. Limbah merupakan sisa dari kotoran yang kita buang setiap hari. Banyaknya limbah yang ada di sekitar kita akan membuat lingkungan kotor dan tercemar. Untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, Anda harus melakukan daur ulang limbah serta membuang limbah sesuai dengan jenisnya. Dengan begitu lingkungan akan tetap sehat dan juga bersih.

3. Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan tebang pilih dan reboisasi. Reboisasi ini dapat Anda lakukan dengan mananam pohon di sekitar lingkungan. Selain itu, gunakan barang-barang yang ramah lingkungan.

4. Anda juga perlu melakukan pengawasan terdapat perusahaan yang melakukan eksploitasi hutan, laporkan kepada pihak yang berwajib jika terdapat eksploitasi hutan besar-besaran.
Menjaga lingkungan harus dimulai diri kita sendiri. Jangan memerintahkan orang lain untuk menjaga lingkungan jika Anda belum dapat menjaga lingkungan sekitar Anda. Lebih baik menjadi contoh dan panutan orang lain untuk menjaga lingkungan. Bagi Anda kaum terpelajar, marilah tumbuhkan kemampuan masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan cara yang baik dan juga benar.

Sekian dari gue dan tengyu udah mampir di blog gue :) Babay gaiss :*

Follow: - Twitter @Sabrinanov
             - Instagram @Sabrina_novalita_
Add Facebook: Sabrina Novalita Maura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar